Cara Jitu Biar Gak Disambar Petir

POJOKSERU.COM- Petir merupakan fenomena alam yang sangat ditakuti oleh sebagian orang saat musim hujan. Di seluruh dunia terdapat sekitar dua ribu badai guntur dalam titik waktu yang acak. Ini berarti sama dengan seratus petir dalam setiap detiknya.

Sebuah kilatan petir menghantarkan muatan listrik berkekuatan sangat besar dan udara di sekitarnya bisa memanas hingga tiga puluh ribu derajat celcius! Dengan dayanya yang dahsyat itu, petir bisa membawa konsekuensi hingga kematian.

Dan petir tidak punya rumus, dimana dan kemana dia mau menyambar. Bila petir datang menyambar, lebih aman bila kita tinggal di dalam ruangan. Tetapi kadang kita tidak bisa mengelak dan mau tidak mau terjebak di luar. Adakah yang bisa kita lakukan bila hal itu terjadi?

Bagi yang sedang berada di dalam mobil, bisa cukup bernapas lega. Kerangka mobil mempunyai prinsip seperti sangkar Faraday, sehingga aliran listrik dari petir akan tersalurkan menelusuri badan kerangka mobil, yang kemudian dilepaskan ke dalam tanah.

Bagaimana jika kita sedang berada di sebuah tanah lapang yang benar-benar kosong? Bisakah kita melindungi diri? Ya! Segera katupkan kedua kaki serapat mungkin.

Kemudian ambil posisi berjongkok dan menunduk serendah mungkin ke arah tanah sembari meletakkan kedua telapak tangan di atas kepala. Diingat ya guys.

Loading...
LIHAT JUGA:   Anda Hobi Makan Buah Pir? Siap-siap Tubuh Anda Akan Jadi Begini