Dilan Muncul Pakai Baju Berlogo PKS

POJOKSERU.COM- Fenomena Dilan ternyata tak hanya di film. Sampul novel Dilan karangan Pidi Baiq ini juga sempat menjadi viral dikalangan netizen. Dibalik viralnya Dilan, para pemain politik juga tak ingin ketinggalan dalam fenomena ini. Salah satunya adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Awal mula akun Twitter @PKSArt memperkenalkan 5 Sahabat Muda PKS pada tahun 2015, salah satunya bernama Dilan. Sahabat-sahabat PKS tersebut adalah berupa karakter kartun yang terdiri dari Kea, Adi Dilan, Eja, dan Tera (berasal dari Keadilan Sejahtera).

Namun belakangan, akun DPP PKS juga menampilkan sosok “Dilan” pada tanggal 25 Januari 2018, bertepatan dengan rilisnya film Dilan. Pada ilustrasi tersebut, sosok Dilan digambarkan sebagai pemuda kos yang berjanggut, memakai kaos putih berlambang logo PKS, seperti dilansir dari liputan6.com.

Karakter Dilan dari PKS disebut berasal dari Sumatera namun bersuku Jawa. Dilan dideskripsikan sebagai “Cowok yang rajin, suka menolong, pemberi solusi, punya leadership, kadang moody.”

Akibat hal ini, Pidi Baiq, selaku pengarang seri novel Dilan, memberikan klarifikasi bahwa ia tidak terlibat dalam perpolitikan PKS.

Dalam Twitter-nya Pidi Baiq menerangkan, “Saya diundang oleh PKS untuk jadi narasumber yang bicara soal Kebudayaan, ya saya datang. Tapi DEMI TUHAN, “SAYA BUKAN ORANG PKS”. “SAYA BUKAN AKTIVIS PKS”. SAMA SEKALI BUKAN! Krn selain PKS juga sy prnh datang jd narasumber di partai2 lain untuk bicara seputar budaya dan seni.”

PKS pun angkat suara. Melalui akun twitter DPP PKS, partai tersebut mengatakan bahwa mereka sudah bertemu dengan pihak Pidi Baiq untuk membicarakan isu ini. PKS juga menekankan bahwa kesamaan nama tersebut hanyalah kebetulan semata.

“5. Pihak PKS memandang hal itu tidak ada hubungan antara tokoh Dilan di Film “Dilan 1990″ dengan salah satu maskot #pksmuda yang namanya Dilan. Hanya kebetulan saja memiliki nama sama.”

LIHAT JUGA:   Ada Driver Gojek Bule, Para Cewek Minta Dibawa ke KUA

Sebagai catatan, PKS mengetahui bahwa lima sahabat PKS tersebut pertama dimunculkan pada 2015, sementara Dilan sendiri ditulis Pidi Baiq di blog-nya pada 2013 dan terbit dalam bentuk novel pada April 2014.

Loading...