Duh, Provinsi Ini Diguncang Gempa Hingga 683 Kali

POJOKSERU.COM- Indonesia merupakan negara kepulauan yang rentan terhadap bencana gempa bumi. Faktanya, Provinsi Sumatera Utara sepanjang 2017 diguncang gempa sebanyak 683 kali.

Hal ini diungkapkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumut. Gempa bumi dengan kurang dari 3 magnitudo sebanyak 266 kali, gempa bumi antara 3 sampai 5 magnitudo sebanyak 400 kali, dan gempa bumi dengan kekuatan lebih dari 5 magnitudo sebanyak 17 kali.

“Dari total gempa bumi di Sumut, hanya 47 kali gempa bumi yang dirasakan masyarakat Sumut, sedangkan lainnya hanya dirasakan oleh alat pendeteksi gempa,” jelas Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah 1, Syahnan.

Syahnan mengatakan, Kabupaten dengan jumlah gempa bumi terbanyak adalah Kabupaten Karo dengan 152 kejadian, Nias Selatan 65 kejadian, Kabupaten Deli Serdang 53 kejadian, dan Padang Sidempuan 27 kejadian.

“Kita menghimbau masyarakat jangan percaya hoax, dan perlu diketahui gempa bumi belum dapat diprediksi dengan tepat dan akurat, kapan, berapa kekuatan, dan dimana akan terjadi,” pungkasnya.

Loading...
LIHAT JUGA:   Terharu, Baca Kronologis & Klarifikasi Resmi Ustadz Abdul Somad