Gerhana Bulan, Gabungan Tiga Fenomena Alam Hingga Jadi Trending Topik

POJOKSERU.COM- Fenomena gerhana bulan total, menjadi trending topik, Rabu (31/1/2018) di Twitter. Masyarakat di seluruh Indonesia bahkan bisa melihat fenomena langka ini dengan mata telanjang.

Hingga Rabu pukul 20.10WIB, topik “#SuperBlueBloodMoon” sudah dicuitkan sebanyak lebih dari 225.000 kali di Twitter, seperti dilansir dari suara.com. Di Twitter warganet berlomba-lomba berbagi hasil jepretan mereka terhadap bulan yang perlahan-lahan menghilang tertutup bayangan Bumi.

Sementara dari Google Trends, laman yang menunjukkan topik yang paling dicari pengguna di mesin pencari Google, gerhana bulan juga menduduki urutan teratas.

Salah satu topik pencarian terpopuler adalah pencarian “niat salat gerhana bulan total”. Topik ini sudah menghasilkan lebih dari 20 ribu pencarian di Google.

Sebelumnya, seperti dijelaskan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, gerhana bulan kali ini menjadi menarik karena menggabungkan tiga fenomena alam, yakni supermoon, blood moon, dan blue moon.

Supermoon adalah fenomena ketika bulan purnama terlihat lebih besar dan lebih terang, karena Bulan sedang berada di titik terdekat dengan Bumi. Sementara bloodmoon menjelaskan rona merah pada Bulan ketika dilihat dari Bumi. Rona merah ini disebabkan karena cahaya bulan difilter sedemikian rupa oleh atmosfer Bumi.

Bluemoon di sisi lain adalah istilah untuk bulan purnama kedua dalam satu bulan. Pada Januari ini memang sudah dua kali bulan purnama terjadi, yakni di tanggal 1 dan hari ini tanggal 31.

Loading...
LIHAT JUGA:   Pohon Raksasa Berusia Ratusan Tahun Ditemukan di Hutan Kalimantan