Ini Profil Singkat Pangkostrad Baru, Suka Musik Rock dan Pernah Nyamar Jadi….

POJOKSERU.COM- Letjen TNI Agus Kriswanto ditunjuk menggantikan Edy Rahmayadi yang memilih pensiun dini sebagai Pangkostrad, karena mengikuti Pilkada Sumut. Hal itu tertulis dalam SK Panglima TNI bernomor Kep/12/1/2018 tertanggal 4 Desember 2018. Yuk dibaca profil singkat Agus Kriswanto.

Agus yang sebelumnya menjabat Komandan Diklat TNI AD ini, adalah perwira tinggi TNI AD lulusan Akademi Militer tahun 1984. Ia lahir tanggal 10 Juli 1960 di Pekalongan, Jawa Tengah, dari kedua orang tua bernama Kuswandi Soaroni dan Tori Harini.

Pria berumur 57 tahun ini memulai karirnya dengan menjabat sebagai Danton Yonif 724/Julu Siri Kodam XIV/Hasanuddin pada tahun 1984.

Karirnya terus berkembang dari tahun ke tahun. Pada 1995, Agus menjabat sebagai Kasilat Bag Linud Sdirbinsen.
Berselang dua tahun kemudian, ia menjabat sebagai Kasi Nikpur Depnik Pusdikif Pussenif. Lalu pada tahun 1999, Agus yang diketahui menyukai musik genre rock ini, menjabat sebagai Pabandya Lat Sops Kodam IV/Diponegoro, dan Dandim 1004/Kotabaru Korem 101/Antasari di tahun berikutnya.

Dua tahun menjabat sebagai Dandim 1004/Kotabaru Korem 101/Antasari, Agus lalu melanjutkan karirnya menjadi Waasops Kasdam VI/Tanjungpura tahun 2001.

Lalu sejak tahun 2003 hingga 2013, Agus sempat menjajal sejumlah jabatan mulai dari Danrem 023/Kawal Samudera Kodam I/Bukit Barisan, Danpusdikif Pussenif Kodiklat TNI AD, hingga Dirdik Kodiklat TNI AD dan Pangdivif 2/Kostrad.

Sosok Agus banyak dikenal masyarakat Aceh dari berbagai kalangan, saat ia menjabat sebagai Panglima Kodam Iskandar Muda pada tahun 2014 hingga 2016.   Agus dikenal warga Aceh sebagai jenderal yang akrab dengan rakyat kecil.

Agus telah menyusuri seluruh wilayah pelosok di pedalaman Aceh. Ia sering menyempatkan diri bercengkerama bersama masyarakat, namun tak lupa melakukan sidak untuk memantau anak buahnya.

LIHAT JUGA:   Keluarga Fredrich Yunadi Maki-maki Penyidik, KPK Punya Videonya

Salah satu metode sidak yang unik yang pernah dilakukan Agus, adalah dengan menyamar sebagai tukang becak. Penyamaran itu dilakukan Agus saat hendak melakukan sidak ke asrama TNI PHB di Kota Lampriet, Banda Aceh pada Minggu (16/8/2015).

Citranya yang merakyat juga terlihat dalam sebuah momen saat ia menghadiri upacara HUT ke-70 RI di lapangan Balang Padang, Banda Aceh, pada 17 Agustus 2015 silam. Seusai menghadiri upacara tersebut, Agus menghampiri seorang nenek tunawisma yang sedang duduk di atas trotoar yang berjarak sekitar 50 meter dari lokasi upacara, untuk memberikan bantuan uang tunai.

Loading...