Masyarakat Indonesia Bisa Lihat Gerhana Bulan Total, Catat Tanggalnya

POJOKSERU.COM- Fenomena gerhana bulan total bakal terjadi di Indonesia. Fenomena alam ini bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Hal ini dijelaskan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, gerhana bulan total akan terjadi pada 31 Januari 2018. Proses dari fenomena alam yang menarik itu sendiri berlangsung mulai petang.

“Gerhana bulan total 31 Januari akan terlihat di seluruh Indonesia. Proses gerhana mulai pukul 18:48 WIB. Gerhana bulan total pukul 19.52 – 21:08 WIB,” kata Thomas.

Gerhana bulan kali ini menarik, karena jarak antara bulan dengan bumi terbilang dekat. Alhasil gerhana bulan total ini disebut Supermoon. Dijelaskan Thomas, seluruh masyarakat di wilayah Indonesia bisa menyaksikan gerhana bulan total. Fenomena ini sendiri diperkirakan akan berakhir pada pukul 22.11 WIB.

Meski gerhana bulan yang akan berlangsung 31 Januari ini secara total, Thomas menyebut tak ada dampaknya jika masyarakat melihatnya dengan mata telanjang. Pasalnya, melihat gerhana bulan total sama dengan melihat bulan purnama.

“Tidak ada dampaknya, karena melihat gerhana bulan sama dengan melihat purnama,” ujar Thomas.

Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Loading...
LIHAT JUGA:   Siap-siap, Instagram Stories Segera Terintegrasi ke WhatsApp