Mobil Warna Hitam Dilarang Mengaspal di Negara Ini, Ternyata Presidennya Percaya….

POJOKSERU.COM- Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhamedov mengeluarkan larangan mobil berwarna hitam masuk ke wilayahnya. Negara ini sebenarnya sudah melarang mobil hitam sejak 2015, namun itu hanya berlaku untuk mobil impor. Tahun ini, Turkmenistan menjadi negara pertama yang menerapkan larangan mobil hitam, termasuk bagi seluruh warganya yang memiliki mobil berwarna hitam.

Berdimukhamedov diketahui telah melarang semua mobil hitam dari ibu kota negara Ashgabat. Beberapa pemilik mobil hitam kaget setelah mengetahui mobil mereka hilang. Belakangan, diketahui mobilnya sudah ditarik polisi akibat adanya aturan tersebut.

Untuk mengembalikan mobil mereka, mereka harus menandatangani dokumen yang menyetujui untuk mengecat ulang kendaraan mereka dengan warna yang lebih terang. Jika mengecat dengan warna putih akan lebih baik karena putih adalah warna favorit presiden mereka.

Sementara itu, biaya untuk layanan pengecatan mobil malah menjadi lebih mahal berlipat ganda, dari $500 menjadi $1.000 di bengkel mobil atau setara dari Rp 6 jutaan menjadi Rp 13 jutaan.

Masih belum diketahui penyebab dikeluarkannya regulasi tersebut karena belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Turkmenistan. Namun, Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov diketahui amat percaya takhayul, sehingga hal ini diduga sebagai dasar kebijakan. Bahkan untuk kaca jendela mobil yang berwarna, Turkmenistan sudah melarang sejak 2014.

Loading...
LIHAT JUGA:   Pilot Ini Terbangkan Pesawat Pakai Kaki, Ternyata Ini Sebabnya