Pulau Ajab Dijual Rp 44 Miliar, Ini Jawaban Bupati Bintan

POJOKSERU.COM- Pulau Ajab yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bintan, mendadak jadi perbincangan hangat. Pasalnya, Sebuah situs privateislandonline.com yang dikelola Private Islands Inc di Toronto, Ontario, Kanada tersebut memasang iklan menjual Pulau Ajab seharga Rp 44 miliar.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bintan, Apri Sujadi mengaku baru mengetahui adanya informasi tersebut. Pihaknya fokus berkoordinasi dengan seluruh dinas terkait.

“Sikap kami selaku pemerintah daerah aturannya sudah tegas. Pemanfaatan atas lahan itu yang diperbolehkan di pulau tersebut itu yang menjadi fokus kami,” ujar Apri Sujadi, Rabu (17/1/2018).

Dia mengatakan, seluruh pulau yang berada di Kepulauan Riau merupakan tanggung jawab penuh Pemerintah Daerah (Pemda) Bintan. Bila ada oknum yang bermain, akan berurusan dengan hukum karena melanggar pasal 33 ayat 3.

“Kami hanya memberikan izin kepada siapa saja hanya untuk investasi di pulau yang ada di Bintan. Kalau menjual pulau sudah ada aturan main akan berurusan dengan negara,” kata Apri.

Meski demikian, bagi yang ingin memanfaatkan lahan harus mendapatkan izin dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Nantinya, akan dikaji terlebih dahulu oleh pihak tersebut.

“Peruntukkannya nanti akan dilihat, apakah untuk kawasan perindustrian, pariwisata dan lainnya. Sehingga yang diperbolehkan hanya untuk pengelolaan lahan tersebut,” tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan membantu mempromosikan apabila ada investor yang telah menanamkan modal untuk membuka suatu usaha baik di bidang pariwisata maupun industri di pulau tersebut.

“Kami tegaskan Pulau Ajab tidak dijual. Mereka yang telah diberikan izin mengelola pulau akan berkoordinasi dengan pemda sehingga membantu mempromosikan sesuai aturan dan prosedur,” kata dia.

Ke depannya, Apri akan berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mendata pulau sehingga tidak terjadi adanya jual beli pulau di Kabupaten Bintan.

LIHAT JUGA:   Ada 72 Artis Lagi yang Diburu Polisi Karena Narkoba, Siapa Aja?

“Kami minta BPN mengecek keberadaan pulau-pulau memiliki potensi untuk nanti dipromosikan ke masyarakat,” katanya.

Dia menegaskan, Pemkab Bintan terus berkoordinasi dengan perangkat RT/RW, kepala desa dan pihak kecamatan untuk terus memantau kondisi perkembangan Pulau Ajab di wilayah Kecamatan Mantang.

Untuk menjangkau Pulau Ajab, harus menggunakan kapal kayu dengan jarak tempuh lebih kurang 30 menit dari Sei Enam, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan.

Loading...