Sebelum Hal Ini Terjadi, Puas-puasin Deh Makan Cokelat

POJOKSERU.COM- Cokelat adalah makanan yang digemari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan cokelat sering disimbolkan sebagai hadiah romantis buat pasangan yang sedang di mabuk cinta.

Namun berita tak mengenakkan malah menghampiri makanan dengan rasa manis ini. para ahli memprediksi dunia akan kehabisan cokelat dalam waktu 40 tahun. Hal ini disebabkan karena pemanasan global mengancam tanaman cokelat.

Saat ini tanaman tersebut tumbuh di suhu yang lebih panas dari sebelumnya. Pada dasarnya, tanaman cokelat hanya bisa tumbuh di lokasi yang berdekatan dengan garis khatulistiwa serta membutuhkan kelembapan serta curah hujan yang tinggi.

Kenaikan suhu bumi sebesar 2,1 derajat Celsius dalam 30 tahun kedepan bisa mempengaruhi tanaman tersebut serta industri cokelat. Hal ini dirilis oleh Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat. Artinya, jika suhu udara meningkat maka akan lebih banyak air yang dibutuhkan tanaman.

Sedangkan, curah hujan yang menurun terus menerus secara perlahan akan mengurangi tingkat kelembapan. Kondisi ini pun mengharuskan tanaman cokelat ditanam di tempat yang lebih tinggi atau di daerah pegunungan tapi hal ini bisa mempengaruhi kelestarian satwa liar.

Kondisi ini menghawatirkan para pemerintah negara penghasil cokelat seperti Pantai Gading dan Ghana, apakah harus memastikan persediaan cokelat atau menyelamatkan ekosistem alam. Sementara, penelitian yang berjudul Destruction by Chocolate menunjukkan, konsumsi cokelat di Barat rata-rata menghabiskan 286 batang cokelat per tahun.

Belgia adalah negara dengan penghasil jenis cokelat paling banyak. Untuk menghasilkan 286 batang cokelat diperlukan 10 pohon kakao. Meski permintaan meningkat, pasokan dan stok menurun.

“Tidak seperti tanaman pohon lain yang mendapat manfaat dari pengembangan teknik kultivar dan teknik pengolahan hasil panen modern untuk mewujudkan potensi genetika. Lebih dari 90% tanaman kakao global diproduksi oleh petani kecil dengan sistem tradisional. Semua indikatornya adalah bahwa kita bisa melihat defisit cokelat 100.000 ton per tahun dalam beberapa tahun ke depan,” papar Doug Hawkins, periset dari Hardman Agribusiness yang berbasis di London.

LIHAT JUGA:   Tinggalkan Gaji 135 Juta/bulan, Pria Ini Banting Stir Jadi Penjual Kue
Loading...