Sekilas Tentang Museum Topkapi, Museum Islam Terbesar di Dunia, yang Disebut Ustadz Felix di ILC

CEKTKP.ID- Islam mempunyai sejarah panjang yang meninggalkan banyak jejak dan mewariskan peradaban besar di berbagai belahan dunia. Bahkan lebih dari setengah wilayah di dunia berada di bawah naungan dan pemerintahan islam. Warisan peradaban tersebut meninggalkan banyak karya pusaka serta karya seni.

Beberapa karya seni yang bisa kita saksikan hingga saat ini adalah kaligrafi dan keramik. Peninggalan-peninggalan tersebut bisa kita jumpai di museum-museum yang tersebar di berbagai negara di dunia.

Kali ini kita akan membahas tentang museum terbesar islam yang saat ini masih ada. Museum ini diberi nama dengan Museum Topkapi. Kalau kamu suka mengunjungi tempat-tempat bersejarah, rasanya kurang lengkap kalau kamu melewatkan museum islam satu ini.

Sebelum mengunjungi museum ini ada baiknya kamu ketahui dulu sejarah singkat Museum Topkapi, agar suatu saat kalau kamu kesana sudah ada gambaran tentang sejarahnya.

Seperti sudah kita ketahui, Turki pernah menjadi pusat pemerintahan islam terbesar di dunia, pemerintahan ini dikenal sebagai Kekaisaran Ottoman. Pada masa pemerintahan Raja Sulaiman, kekaisaran ini menguasai hampir seluruh daratan Eropa.

Kerajaan Ottoman juga banyak mewariskan peninggalan bersejarah yang saat ini disimpan di beberapa museum. Salah satunya adalah Museum Topkapi, museum islam terbesar di dunia.

Museum Topkapi terletak di Kota Tua Istanbul. Museum Topkapi berada di area lahan seluas 700 ribu meter persegi dan dikelilingi benteng sepanjang 4 km. Museum ini dibangun oleh Sultan Mehmed pada tahun 1470 Masehi.

Bangunan museum Topkapi terdiri dari 400 ruang, tiap ruang berisi aneka koleksi peninggalan bersejarah. Salah satu peninggalan bersejarah di museum Topkapi adalah pedang dan cetakan kaki asli Nabi Muhammad.

Loading...
LIHAT JUGA:   Geger, Foto Hot Personil Satpol PP Merangin Resahkan Netizen