Tak Selamanya Hiu Itu Ganas, Ini Buktinya

POJOKSERU.COM- Hiu merupakan predator ganas di lautan. Namun tak selamanya mereka ganas. Ternyata ada juga lho hiu yang makan tumbuhan.

Sebagai hewan karnivora, hiu identik sebagai pemakan daging. Hampir semua mamalia keluarga ini adalah pemangsa yang sesungguhnya.

Hanya beberapa di antara jenis hiu yang menyaring mangsa mereka dari air, seperti plankton, cumi-cumi, ikan kecil. Dengan demikian, sistem pencernaan mereka tidak dirancang untuk mencerna makanan dan ganggang yang “berat” diolah.

Seekor hiu martil pesisir berukuran kecil–kerabat hiu kepala martil populer Sphyrna zygaena–bernama hiu bonnethead (S. tiburo) mengonsumsi banyak sekali tanaman laut lamun (Thalassia testudinum) dan memiliki sistem adaptasi dalam pencernaannya untuk mengolah tumbuhan.

Spesies ini umumnya ditemukan di muara dan teluk dangkal Amerika, berenang di atas padang lamun dengan dasar lumpur dan berpasir, pada kedalaman 10-80 meter.

Populasinya berkisar dari New England, di mana jarang ditemukan, ke Teluk Meksiko dan Brasil serta dari California selatan sampai Ekuador. Ia juga kerap ditemukan di perairan pantai Carolina dan Georgia di musim panas, dan di lepas pantai Florida dan di Teluk Meksiko pada musim semi, musim panas, dan musim gugur.

Rata-rata hiu bonnethead panjangnya sekitar 61-91 sentimeter, dengan ukuran maksimal sekitar 1,5 meter. Betina cenderung lebih besar dari jantan. Tubuhnya berwarna abu-abu di atas dan lebih cerah di bagian bawah.

Bukti pertama untuk hiu bonnethead pemakan tumbuhan berasal dari penemuan yang tidak biasa yang diterbitkan pada tahun 2007 (fail PDF).

Mereka dianggap sebagai pemangsa yang suka berkelompok dan suka makan, terutama memakan kerang, kepiting, ikan kecil dan udang yang tertangkap dalam “hutan bawah laut” yang lebat.

LIHAT JUGA:   Kisah Pria Ini Bikin Air Mata Berlinang

Tidak jelas apakah hiu tersebut benar-benar mengonsumsi tanaman dan mencerna nutrisi darinya, atau hanya tak sengaja menelannya saat berburu kepiting dan udang yang bersembunyi di antara tumbuhan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa ganggang yang terus-menerus ditemukan di perut ikan ini tidak menimbulkan banyak gangguan. Walaupun pada beberapa hiu muda, kandungannya mungkin lebih dari separuh massa makanan dalam perut.

Loading...